Refleksi Akhir Tahun Pengadilan Agama Sawahlunto tahun 2018

By Pengadilan Agama Sawahlunto 31 Des 2018, 16:47:58 WIB PA Sawahlunto
Refleksi Akhir Tahun Pengadilan Agama Sawahlunto tahun 2018

Di penghujung Tahun 2018, Pengadilan Agama Sawahlunto mengadakan kegiatan refleksi akhir tahun dalam rangka menyampaikan capaian kerja tahun 2018 sekaligus sebagai upaya evaluasi untuk menyongsong tahun 2019.

Kegiatan refleksi Akhir tahun ini mengambil tema “Menyongsong Tahun 2019, Menuju Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi´. Tema ini erat kaitannya dengan program-program Mahkamah Agung yang ingin membangun badan peradilan  modern berbasis teknologi informasi.

Peradilan modern berbasis teknologi informasi bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat sekaligus ingin mewujudkan peradilan yang bersih, transparan dan akuntabel. Karena dengan teknologi informasi ini, masyarakat dapat mengawasi secara lansgung kinerja bada peradilan di Indonesia.

Sejalan dengan hal itu, Pengadilan Agama Sawahlunto juga telah menerapkan beberapa aplikasi berbasis teknologi informasi sebagaimana yang diinginkan oleh Mahkamah Agung. Di antara aplikasi yang diterapkan di Pengadilan Agama Sawahlunto adalah  SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara), E-Court (electronic court), yaitu administrasi perkara berbasis elektronik, Direktori Putusan, guna mengupload seluruh putusan-putusan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama Sawahlunto , semua aplikasi tersebut terintegrasi dalam website Pengadilan Agama Sawahlunto, sehingga dapat di akses oleh masyarakat pengguna jasa internet.

Dlam penyelesaian perkara, Pengadilan Agama Sawahlunto selama tahun 2018 telah menerima perkara sebanyak 294 perkara. Perkara yang telah diputus pada tahun 2018 sebanyak 288 perkara. Sehingga sisa perkara tahun 2018 sebanyak 6 perkara.  Perkara yang paling dominan adalah perkara perceraian, sekitar 75 % dari total perkara yang masuk.

  1. Untuk tahun 2019, Pengadilan Agama Sawahlunto memfokuskan program kerja dalam 3 bidang yaitu, Memaksimalkan Penggunaan Teknologi Informasi
  2. Memantapkan Reformasi Birokrasi
  3. Meningkatkan Pelayanan Publik.

Untuk tahun 2018, ini juga Pengadilan Agama Sawahlunto telah menerima Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) dari Mahkamah AGung, yang diserahkan langsung oleh Ketua Mahkamah AGung pada tanggal 10 September 2018 di Bali.

Ketua Pengadilan Agama Sawahlunto, Doni Dermawan berharap, semoga tahun 2019 nanti, Pengadilan Agama Sawahlunto dapat meningkatkan kinerja guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Di penghujung Tahun 2018, Pengadilan Agama Sawahlunto mengadakan kegiatan refleksi akhir tahun dalam rangka menyampaikan capaian kerja tahun 2018 sekaligus sebagai upaya evaluasi untuk menyongsong tahun 2019.




Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment