Penyuluhan Hukum Tentang Pentingnya Pencatatan Perkawinan oleh PA Sawahlunto, Dukcapil dan Kemenag

By Pengadilan Agama Sawahlunto 22 Nov 2019, 16:06:56 WIB PA Sawahlunto
Penyuluhan Hukum Tentang Pentingnya Pencatatan Perkawinan oleh PA Sawahlunto, Dukcapil dan Kemenag

Jum'at 22 November Hakim PA Sawahlunto Bapak Fathur Rizqi, S.H.I mengikuti acara Penyuluhan Hukum Tentang Pentingnya Pencatatan Perkawinan yang di gelar di Kantor Camat Barangin Kota Sawalunto. Acara dihadiri oleh, Camat Barangin, KUA Barangin, Hakim PA Sawahlunto, Danramil,Kepala Dinas Dukcapil dan Kapolsek Barangin Kota Sawalunto. Acara dihelat di Aula Kantor Camat Barangin pada pukul 09.00 sampai pukul 11.45 WIB.

Dari acara tersebut di ketahui sebanyak 2208 warga Sawahlunto belum memiliki data kependudukan (kutipan akta perkawinan) yang tersebar di 4 Kecamatan yakni, 718 Barangin, 467 Lembah Segar, 384 Silungkang dan 639 di Talawi. Peserta merupakan Kepala Desa/ Lurah di wilayah Barangin, didampingi bagian pelayanan umum, dan masing -masing desa mengutus 3 orang perangkat.

Ditargetkan pada tahun 2020 sudah ada tindak lanjut berupa pelaksanaan sidang isbat terpadu dan 100% warga memperoleh data kependudukan di 2020. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab tentang kasus-kasus hukum di wilayah desa atau kelurahan di Kecamatan Barangin yg sedang dihadapi perangkat desa seputar masalah yg timbul akibat dari perkawinan yg tidak tercatat yang berdampak pada status anak secara hukum, hak kewarisan, hak nafkah bagi istri dan anak dari pernikahan tidak tercatat, dan solusi yang di akomodir oleh Peraturan perundang-undangan.




View all comments

Write a comment