Penyuluhan Hukum Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kecamatan Lembah Sega

By Pengadilan Agama Sawahlunto 29 Nov 2019, 14:29:41 WIB PA Sawahlunto
Penyuluhan Hukum Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kecamatan Lembah Sega

Jum'at, 29 November 2019 menuntaskan Program Bersama Pemerintah Kota Sawahlunto, Indra Fitriadi, S. Ag, M.A Wakil Ketua Pengadilan Agama Sawahlunto menjadi narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Hukum Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang kali ini diadakan di Kantor Kecamatan Lembah Segar. Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Camat Lembah Segar, KUA Lembah Segar,  Danramil, Kepala Dinas Dukcapil dan Kapolsek Lembah Segar. 

Dalam sosialisasi tersebut Wakil Ketua Pengadilan Agama Sawahlunto Yml. Indra Fitriadi, S. Ag, M.A menyampaikan pentingnya pencatatan perkawinan dan itsbat nikah terpadu dikecamatan Lembah Segar. Ditargetkan pada tahun 2020 sudah ada tindak lanjut berupa pelaksanaan sidang isbat terpadu dan 100% warga memperoleh data kependudukan di 2020.

Selain itu, dalam kesempatan sosialisai tersebut Wakil Ketua PA Sawahlunto juga menyampaikan bahwa untuk berperkara saat ini tidak butuh biaya mahal karena Mahkamah Agung khususnya Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dan Peradilan yang berada dibawahnya telah memiliki 9 Aplikasi Unggulan, diantara 9 aplikasi unggulan tersebut ada beberapa yang berhubungan langsung dengan para pihak, diantaranya E-Court dan E-Litigation. Dimana dengan E-Court dan E-Litigation ini para pihak tidak harus datang ke Pengadilan untuk berperkara, cukup mendaftarkan perkara dari rumah melalui situs https://ecourt.mahkamahagung.go.id/ dan pelaksanaan sidang dapat dilakukan dari rumah. Dengan demikian akan menghemat biaya berperkara sekitar 20%. Demikian tutur Wakil Ketua Pengadilan Agama Sawahlunto (Yml. Indra Fitriadi, S. Ag, M. A)  memberi semangat kemasyarakat untuk tidak patah semangat dalam memperoleh kepastian hukum.

 

 




Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment